Rabu, 13 November 2013

Kiat Jitu Hindari Kesalahan Saat Fitness

Banyak orang mendatangi gym atau tempat fitness dengan harapan bisa membentuk tubuh indah dan berotot. Sayang, banyak orang yang masih sering melakukan berbagai kesalahan saat berlatih fitness.

Denny Santoso, pakar fitness dari Dunia Fitnes, menuturkan bahwa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang di tempat fitness biasanya berujung pada timbulnya rasa jenuh dalam berlatih, bahkan tak jarang hingga cedera fatal.


Kiat Jitu Hindari Kesalahan Saat Fitness


Nah, Jika Anda yang mulai gemar fitness, coba kenali beberapa kesalahan-kesalahan tersebut seperti di bawah ini, agar Anda bisa menghindarinya.

Melupakan Pemanasan. Tak sedikit orang melupakan pemanasan saat berada di tempat fitness. Padahal akibatnya bisa fatal. Memaksa otot yang kaku untuk langsung mengangkat beban yang berat bisa membuat cedera. Paling fatal adalah otot Anda bisa robek. Lakukan pemanasan selama 5-10 menit agar peredaran darah Anda lancar dan otot-otot di tubuh Anda lebih siap untuk beraktivitas lebih berat.

Beban Terlalu Berat. Saat memulai latihan, jangan tergoda untuk pamer dengan mengangkat beban yang berat. Otot Anda butuh penyesuaian. Mulailah dengan beban yang kecil agar otot Anda mendapatkan kelenturannya. Tingkatkan berat beban sesuai dengan kemampuan Anda di tiap tingkat latihan. Kapan mulai menambah beban? Menurut Denny, ketika tubuh Anda mulai terbiasa mengangkat beban yang biasa Anda angkat.

Terburu-buru. Perut six packs, otot besar dan berat badan turun tidak bisa terjadi dalam waktu hanya satu minggu. Jalani saja program latihan yang telah Anda miliki. Jangan terpaku kepada target waktu. Yang terpenting adalah konsistensi Anda dalam berlatih.

Latihan Tiap Hari. Seperti halnya mesin, tubuh Anda pun butuh waktu untuk beristirahat. Jangan paksakan untuk berlatih setiap hari. Berikan waktu satu sampai dua hari dalam seminggu untuk beristirahat. Ketika berlatih, struktur otot Anda dirusak dengan beban-beban yang Anda angkat. Saat istirahat, otot Anda mulai berkembang dan memperbaiki diri kembali. (Wiko Rahardjo)

Tags:

0 Responses to “Kiat Jitu Hindari Kesalahan Saat Fitness”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 APPILAJARA. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks