Selasa, 11 Agustus 2015

Merdeka berarti belajar,jangan pernah berhenti memerdekakan diri untuk belajar karena merdeka tidak pernah mengajarkan berhenti belajar.Setiap kutelusur makna merdeka aku temukan belajar merdeka selama-lamanya

Kalim,M.Pd.Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati

 Kalim,M.Pd.Kepala SD Negeri Mojo Cluwak Pati

Sebulan dalam nafas kemerdekaan Republik Indonesia ke 70

Setiap aku merdeka semuanya adalah keringat kerja

Memandang ke depan adalah mendekatkan kepada pesan kebijakan.Berpegang kuatlah kepada yang maha Dekat meski engkau berperjalanan jauh akan mendekatkan tujuanMu.

Tanganmu bukanlah lemah senyummu bukanlah resah itu merupakan amanah.Meski orang lain dibelakangmu tiada mengganggu,di depanmu menunggu yang kau mau

Setiap aku berpegang selalu ada keteguhan yang mendekatkan berasa aman


Arti Merdeka 1
Suara-suaramu pada negerimu tidak meski dalam wadah politik.
Negerimu adalah negeriku juga untuk saling dijaga.
Suara arti merdeka Indonesia tidak harus terwakili semua pada pemimpinnya jika mereka tidak peduli mendengarnya.
Suara merdeka Indonesia adalah suara musyawarah mufakat merakyat yang berinduk mengIndonesiakan !
Ada banyak arti merdeka dalam ruang dan waktu mempercantik Indonesia
Menjelekkan pemimpin sendiri berarti menampar diri sendiri yang melemahkan kekuatan Indonesia di mata dunia.Masih banyak musuh tidak kelihatan di negeri sendiri dan negeri orang lain yang senang kita jatuh.
Boleh berpendapat mengartikan merdeka sebagai hal mendidik kritik pelecut morivasi agar Indonesia maju bermartabat.
Setiap aku bersuara bangga merdeka ada pencerahan disana di negeri berbatu emas asri hijau bernafaskan Nusantara bergaris indah di pulau-pulau Katulisriwa.


Arti Merdeka 2
Menurutku merdeka dan menjajah lahir bersamaan
Merasa merdeka karena kuat dalam mempertahankan merasa dijajah karena lemah dalam pendirian persatuan
Bangsa merdeka adalah bangsa yang kuat tidak dimakan dikerjain dalam apapun dengan cara apapun oleh siapapun.
Sebaliknya bangsa terjajah adalah bangsa lemah yang mudah dimakan dikerjain dalam apapun cara apapun dan oleh siapapun dikeruk semua identitas ragam penciptaan walaupun sebelumnya engkau merdeka bebas memilikinya.
Setelah merdeka ataupun dijajah adalah kedudukan yang sama- sama berat mempertahankan meningkatkan mengembangkan kehormatannya.

Arti Merdeka 3
Merdeka berarti berubah
Merubah mental kuli menjadi bermoral mandiri
Merubah bangsa pembeli menjadi bangsa pencipta.Sebagai pembeli sering diakali jika rusak tidak mampu mengganti.Sebagai bangsa pencipta kuat dalam mencukupi kebutuhan sendiri.
Merdeka itu meninggikan sekarang dengan belajar merdeka yang telah kita lewati bersama menabung masa depan untuk anak cucu kita.
Kini merdeka tengah pongah diperdaya makhluk investasi dikawal prajurit egois hedois yang melahirkan penjajah baru membungkam merdeka-merdeka baru.
Setiap aku merdeka kukeringatkan dengan kerja !

Arti Merdeka 4
Bercermin kepada merdeka kini adalah tidak perang,mereka bermain perang-perangan mereka menembak musuh bayangan mereka latihan mereka mati bukan pahlawan.perang malainkan pahlawan latihan.
Merdekamu dulu hasil perang sungguhan mengusir laknat penjajah para penjarah kedaulatan
Pahlawanmu dulu benar-benar pelawan berkorban atas negara dan pengabdian.
Merdeka kini tengah diuji dengan merobek arti kerja dan makna pembangunan yang berjanji-janji berakan-akan bersorak -sorak atas nama slogan di meja di kertas di jalan diatas penawaran aku bisa namun orang lain menjalankannya.
Setiap nafas pekik merdeka aku aku mendengar bergegas berangkat kerja.


Arti Merdeka 5
Merdeka berarti belajar,jangan pernah berhenti memerdekakan diri untuk belajar karena merdeka tidak pernah mengajarkan berhenti belajar.Setiap kutelusur makna merdeka aku temukan belajar merdeka selama-lamanya


Arti Merdeka 6
Merdeka berarti belajar mengejar ketertinggalan.
Dengan mengoreksi kondisi sendiri mencari terobosan dan tindakan yang cucok dengan kemampuan sendiri namun tidak meniru semua keberhasilan negeri orang lain.
Merdeka berarti bangga
Boleh bangga namun jangan lupa lengah.Negara dan orang lain selalu mengintai mencuri bahkan memiliki apa yang kita dirikan dan kita banggakan.Mereka selalu memberi ikan agar kau tidak bisa memancing.Mereka memberi kesenangan agar kau mudah termabukkan.
Keduanya harus dijaga dengan belajar dari ketertinggalan dan bangga, dengan kepribadian kerja keras yang bermartabat kuat mencintakan
Setiap merdeka adalah bebas bicara berbuat namun sopan memantaskan

Arti Merdeka 7
Merdeka itu bukan hadiah
Merdeka itu diraih dengan darah keringat fikir perjuangan l Segenap pengorbanan yang kamu berikan saling menguatkan tujuan merdekamu
Merdeka itu hadiah
Bila pemberi merdeka ikhlas tanpa timbul sakit hati l Jika penerima merdeka siap mengelola syarat dan maksud pemberi l Keduanya saling berbagi adil dan andil dalam berbakti kepada kesepakatan merdeka
Merdeka itu hidayah
Jika merdekamu dapat ridlo Alloh l Tiada kekuatan diluar merdeka tanpa bantuan Dia Yang Maha melihat memutuskanNya l Merdeka bisa diberikan atas peperangan namun alam juga sebagai saksi ketentuan l Merdekamu adalah kesetiaan hidayah Alloh yang memuliakanmu
Setiap langkah merdeka ada derap gagah maju memerdekakan kwalitas cita-citamu !


Arti Merdeka 8
Merdeka itu jujur tanpa basa-basi dan korupsi !
Dinamika Guru SD

Arti Merdeka 9
Di setiap titik artinya menajamkan perubahan menancapkan bendera bendera cita cinta.
Kedatangan merdeka pastilah disambut lalu berebut maski yang memerdekan kadang tertinggal karena puas dengan kebanggaan yang melalaikan
Merdeka-merdeka baru memburu pemburu-pemburu baru muncul meski dia bukan merdeka yang pertama meski dari kekalahan melawan merdeka melihat dengan gesit manisnya merdeka mengisap sepuasnya bukan seperlunya.
Segerombol hakekat merdeka berkumpul sewarna ,beragam dengan kekuatan merdeka lain yang menjurus merdeka kekinian,membentuk lalu memerdekakan pengikut ke bawah bahwa akulah kemerdekaan sesungguhnya.
Merdeka itu bebas namun berbatas dan keterbatasanya memerdekakan martabat seluas-luasnya.
Setiap aku merdeka memerdekakan kehormatan perubahan sepanjang masa !


Arti Merdeka 10
Di padat dahsyat menikmat negeri ini akan ompong jika para pengomong dan pamomong nekat merakyatkan arti merdeka dalam kungkungan anak merdeka yang mengolah modal mental medeka hanya bisa berpangku tangan membiar harga merdeka tertukar murah dalam kubangan pinjam.
Merdeka yang berlatar punya telah menyempitkan keluasan merdeka dimiliki segelitir penaksir yang mahir melintir menyihir arti merdeka ke pinjam yang mendewakan janji melamakan kencan ancaman
Hari merdekamu yang dulu lugu terbuka beralih tertutup redup karena merdekamu terisi terali besi tirani pinjam yang bernafas ke kemerdekaan yang kumau ke jalan instan instan patriotis murah yang melagukan bunga-bunga demokrasi pinjaman
Dan kini dalam sepi merdeka idaman telah sulit dan sempit mengembalikan arti merdekamu yang benar meski aku terlanjur lapar dan terkapar dipinjam merdeka baru yang gebyar ke mulut merdeka pasar.
Setiap aku merdeka setiap itu pula aku mengeraskan bangsa kerja !

Arti Merdeka 11
Menurutku merdeka adalah bisa mengangkat derajat hak -hak orang yang terjajah karena mereka tidak punya kesempatan merdeka memperoleh pekerjaan hidup yang layak tetapi tidak menggantungkan atas belas kasihan.Merdeka berarti dapat menjajah kemiskinan ilmu pengetahuan untuk mengangkat dirinya sendiri menjadi karakter diri sendiri lebih mulia berdasar ke Tuhanan Yang Maha Esa.Merdeka berarti belajar dari kesalahan yang tidak bisa menolong diri sendiri untuk maju.

Arti Merdeka 12
Seminggu berlalu seorang gadis mengometari webku tentang arti cinta :" tau aja bapak deh.."
lalu kujawab :
'cinta bukan milik anak muda,
cinta milik semua
cintai mudamu selagi kuat melekat dalam mengikat
cintai serumu selagi tegar mengejar
Dan cinta berduamu ikhlas mensetiakan !'
Demikian dalam arti merdeka seharga arti cinta yang setiap langkahnya mencintakan damai mendamaikan cinta dalam kebahagiaan !
Dan baru saja tadi kulihat di timelinenya dia mengaku berkat ruh komentarku cintanya diterima kekasihnya dalam ikatan kebahagiaan setia ! Alkhamdulillah

Arti Merdeka 13
Merdeka itu ketika semua anak negeri mudah mengakses pendidikan, bisa belajar tanpa terbebani dan bebas mengeksplorasi diri Kita tahu bahwa kemenangan ini masih sekedar simbolisasi.Bukan lagi berperang dengan tombak dan bambu runcing karakter Indonesia yang sangat dibutuhkan saat ini.Namun kreativitas dan integritas lah yang kami cari.Maka dari semua itu, berkarya dan teruslah berkarya untuk negeri
Dirgahayu Indonesia ku.Tunggu prestasi prestasi kami

Arti Merdeka 14
Merdeka berarti melihat kembali anak-anak kita yang masih kurang beruntung dalam belajar Nasib mereka jangan digantung menunggu para pemimpin yang ketika mereka dipilih berpaling lupa dengan janjinya.
Merdeka berarti mengajar yang lebih indah lebih dipercaya dalam menanamkan visi misi pendidikan untuk semua tanpa tebang pilih menganakemaskan memberi pelayanan terbaik kepada anak didik secara merata adil tanpa ada yang tertinggal
Merdeka mengajar berarti sangat semangat mengejar ketertinggalan meningkatkembangkan apa yang telah diraih dengan gaya mengajar sesuai kepribadian Indonesia di taman-taman pendidikan yang meng Inspirasi Indonesia maju tangguh menempuh perjalanan demi perjalanan pendidikan Indonesia bermartabat Pancasila.
Selamat belajar generasi Emas Indonesia Merdeka belajarmu kini ditinggikan dengan belajar yang menggembirakan ditegakkan dengan perasaan rasa tidak takut untuk berilmu yang berkarakter anak Indonesiia.
Selamat mengajar generasi pengajar bermutu. Indonesia Mengajar menjagamu setiap waktu setiap langkah kebijakan yang mengamanhkan edukasi bermutu mencerdaskan sesuai pembukaan pesan Undang-Undang 1945 dan Panca Sila.

Arti Merdeka 15
Kemerdekan rasa-rasanya Nasionalis kini seperti budaya luar baru yang bagiku asing nyleneh tidak bagian dari kepribadian Inspirasi Indonesia sendiri sebagai keberagaman beragama beretnis berbudaya berPancasila yang sempit jauh dari apa yang diharapkan oleh berdikari pendiri negeri.
Politik globalisasi kini bagiku seperti hidangan aksklusif yang membius dari cita-cita kesadaran mengelaborasikan bersikap berNusantara berSumpah Pemuda berProklamasi.Merdeka berarti merdeka di dalam tuan rumah sendiri tanpa campur tabgan asing.
Kebangkitan nasionalis dekade kini sepertinya reda dipadami pesta-perta asesoris hedois yang belum kuat sebagai keIndonesiaan yang luhur.
Kebangkitan berIndonesia yang bersemangat arti kemerdekaan Indonesia kini hanya dimiliki oleh generasi kini putra-putri terbaik yang mampu membaca menangkap krisis arti merdeka yang diiamanahkan semangat empat lima.
Setiap aku bergerak berkata arti merdeka semoga lahir negarawan-negarawan muda baru bersatu merdeka memerdekakan kini dan masa depan Indonesia yang sesuai dengan ruh perjuangan dan arah Prmbangunan Indonesia dengan 'Ayo kerja !'
by : Kebangkitan Kejayaan Maritim Indonesia

Tags:

0 Responses to “ Merdeka berarti belajar,jangan pernah berhenti memerdekakan diri untuk belajar karena merdeka tidak pernah mengajarkan berhenti belajar.Setiap kutelusur makna merdeka aku temukan belajar merdeka selama-lamanya ”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 APPILAJARA. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks