Senin, 30 November 2015
LAPRAN HASIL PENELITIAN INI AKAN DIUPTODATE SETIAP MINGGU
Berikut link download Contoh
Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan Laporan Hasil penelitian Tindakan Sekolah (PTS).
Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas SD
LAPORAN PENELITIAN STUDI
KASUS PADASEKOLAH DASAR PROGRAM MBS-MATA PELAJARAN
Jadwal Ujian Nasional UN SMP/MTS Sesuai Draf POS UN 2016 |
Jadwal Ujian Nasional UN SMA/MA Sesuai Draf POS UN 2016 |
Jadwal Ujian Nasional UN SMK Sesuai Draf POS UN 2016 |
Owner http://dinamikagurusd.co.id Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati Jateng |
http://dinamikagurusd.co.id
Jujur saja,kepantasanku mendapat sertifikasi pendidik kalau boleh menengok dulu sepertinya lebih tepat diterima ketika saya mengajar kelas yang jumlahnya satu kelas sampai 40 ssmpai 50 anak.Bukan saat ini yang menurutku tidak sebanding dengan jumlah murid sekarang yang terasa segelintir saja kurang dari 20 bahkan di sekolah lain kurang dari sepuluh masih banyak dijumpai di pelbagai tempat.Masih ingat dalam benak saya ketika tahun 2006 satu kecamatan di wilayah saya hanya satu orang saja yang murni lulus portofolio dua personal mengulang di LPMP.Sejak saat itu berbondong-bondong para guru PNS kuliah non reguler jarak jauh mengejar seniiornya yang seakan tidak percaya,mengapa kuliah mending untuk usaha lain atau mengurus anaknya kuliah.Bancakan para dosen menambah penghasilan membuka kuliah jarak jauh makin ramai.
Pasar seminar,diklat,ataupun pelatihan bak jamur ada dimana-mana, tempat hanya mengejar point tambahan nilai belaka tanpa ada ilmu maupun kepraktisan mengajar yang masuk.Kasihan sekali senior saya dulu, begitu sergur diluncurkan dia sudah pensiun duluan.Asal mulanya sergur adalah berbasis sarjana strata satu namun dalam perkembangannya lama pengabdian direkomendasikan.Banyak yang belum sarjana,mestinya batas mendapat seegur cukup 4 tahun saja karena penerimaan yang belum sarjana wajib digunakan untuk kuliah meningkatkan kompetensinya.
Harusnya Lembaga pnjamin mutu pendidikan menagih ijasah kesarjanaannya.Jika belum bisa menunjukkan ijasah selama 4 tahun,status srgurnya diputus.Namun dalam kenyataan guru yang berertifikat pendidik belum sarjana enggan dan kurang rela mengindahkan hal ini.Setidaknya dengan bertambahnya penghasilan bisa dengan longgar membiayai sendiri kuliah atas kepemlikan sarjana pendidik profesional.Jadi secara pesonal meningkat kwalitasnya secara komando pemerintah juga diuntungkan dengan peningkatan SDM para gurunya.
Motif hanya mengejar sertifikat sebanyak-banyaknya telah membius di benak guru demi sebuah sertifikasi.Aneh,dulu saya begitu bertenaga bersemangat mengajar di kelas yang gembira ramai dengan segala dinamikanya anak SD di kelas yang jumlahnya rata-rata besar minimal 40 anak tiap tahunnya di dekade 80 an sampai 90 an.Ditambah sore hari mengajar Pramuka,UKS,les,bahkan membantu di desa menuntaskan B3B dalam kejar paket A.Jadi pagi mengajar anaknya siang sampai sore mengajar orang tuanya.Rasa-rasanya segar kuat berwibawa sebagai bangga guru yang mengajar fungsi guru kelas yang sangat ideal sesuai jumlah jasa kesulitan beban murid yang jumlahnya banyak.Kini saya merasa malu dengan apa yang saya terima sebab jasa tenaga dan fikiran saya tidak sepadan dengan jumlah murid sedikit yang saya hadapi.Rasa-rasanya kegigihan saat ini begitu turun seakan sertifikasi bagiku hanya sebuah belas kasihan ataupun hadiah juga penyebutan kurang sedap kepada diriku sebagai jiwa pendidik.Saya merasa tidak pas dengan apa yang saya terima sebagai guru yang bersertifikasi,Rasanya ingin sebagian dari uang sertifikasi saya berikan kepada yang jauh lebih tepat kepada honorer atau sukarelawan guru barangkali mereka yang ideal pantas mendapatkannya yang jauh lebih besar,berat tantangan medan dan kekurangannya di wilayah yang sulit terjangkau fasilitas pendidikan.
Ukuran dan parameter uji kompetensi guru secara aktual saat ini bagiku juga kurang setuju belum menggambarkan korelasi hubungan realita di lapangan yang sebenarnya.Kemarin saya merasa terharu dengan pengakuan seorang guru di daerah terluar yang jujur mengaku mendapat nilai sangat rendah di bawah 20 UKG. Namun dia jujur merasa gaptek menerima adanya.begini cuplikannya "Guru itu hanya tersenyum menyembunyikan kesedihannya setelah mengetahui nilai UKG nya ternyata dibawah 20.Kekurang pahaman dia menggunakan teknologi komputer mungkin salah satu penyebabnya...Menjadi guru di pulau terluar yang terlambat mendapatkan fasilitas komputer dan internet bisa saja dijadikan alasan untuk membela diri...Tapi ibu guru ini tidak membela diri..Dia hanya berucap:"Biarlah murid-murid saya yang menilai kompetensi saya sebagai guru."...Pagi ini saya bersama teman"mantan murid"nya yang hampir semua bergelar Doktor sepakat mengirim pesan :"Bu tetaplah tersenyum dan sebagai sumber inspirasi ...sesungguhnya kamilah yang menjadi bukti betapa hebatnya ibu dalam mendidik kami,kehebatan ibu tidak tertukar oleh uji kompetensi"#insoirina teacher.diambil dari status
Inilah Negara tanpa leadership, negara bunuh-diri."
Disisi gebyar sertifikasi sekarang melahirkan banyak guru yang konsumtif,naik haji,beravanza mengubah gaya hidupnya dengan memiliki segala fasilitas elektronik,motor,mobil.Disisi lain gurupun dituntut kompetensi kwalitas mengajarnya yang sebagian arah hasil tunjangan sertifikasinya ada yang merefleksikan tidak sinkron dalam peningkatan mutu mengajarnya.Maka biarlah murid yang paling dekat secara moral dengan guru yang bisa menilai semua inspirasi gurunya.Pemerintah hanya bisa menilai secara sistem dengan pelbagai kelebihan dan kekurangannya.Faktor budaya dan subyektifitas pendidikan yang lain menentukan juga arah kwalitas pendidikan ini, hendaknya juga harus dinilai oleh siapapun yang peduli dengan pendidikan.Murid akan jujur menilai merekam jelas semua kompetensi guru dalam metode,cara,kreasi,inovasi guru dalam penyaji mutu mengajarnya.Sebenarnya kita tidak kekurangan guru,hanya persebaran kerataan posisi guru yang jauh tegas diatur daya ketertarikan dan betah tinggal lama.Lebih baik memberi pengganti guru yang mau tugas didaerah terpencil dari pada memberi sertifikasi yang salah sasaran.Jauh lebih berdaya guna menangkat guru di daerah banyak muridnya dari pada menempatkan guru yang rendah kecil jumlah muridnya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Tahun baru 2016 tinggal satu bulan lagi. Admin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016. Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru 2016, tak salah bila anda ikut memasang DP BBM di Hp atau smarphone atau memasang Gambar Animasi atau gambar format gif pada background layar handphone, laptop atau PC komputer. Berikut ini
Minggu, 29 November 2015
Soal BKS UAS 2015 IPA + Pembahasan
Soal BKS UAS 2015 BHS Inggris + Pembahasan
Soal Siap UAS 2015 Bahasa Inggris
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Kepala Bagian Perencanaan
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tagor Alamsyah mengatakan, hingga kemarin,
(26/11/2016), ada 2.360.388 guru yang sudah mengikuti uji kompetensi. “Itu
berarti sudah 91 persen. Sisanya ada 226.885 guru yang akan mengerjakan uji kompetensi
sampai nanti jadwal selesai, yaitu 27
Sabtu, 28 November 2015
Pelaksanaan sertifikasi guru diubah bentuknya dari model PLPG menjadi
model Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ). Perubahan model ini menjadikan program
sertifikasi guru bukan dalam bentuk latihan namun pelaksanaannya dalam bentuk
pendidikan profesi. Pelaksanaan pendidikan tentunya memerlukan SKS, sehingga
pelaksanaan PPGJ
Jumat, 27 November 2015
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
LIHAT JADWAL PENDAFTARAN SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI JALUR SNMPTN 2016 dan SBMPTN 2016 (Klik disini)
Sebagai persiapan menghadapi
pelaksanaan UN atau Ujian Nasional tahun 2016 atau tahun pelajaran 2015/2016
berikut ini saya informasikan jadwal rencana pelaksanaan UN SMP/MTS SMA/MA dan
Owner http://dinamikagurusd.co.id Kepala SD Negeri Mojo 03 Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah |
http://dinamikagurusd.co.id
Kantin
Begitu memasuki gerbang masuk sebuah kantor sudah biasa langsung menuju kantin,warung makan minum disitu.Datang dari perjalanan yang lumayan jauh membuat seseorang bersiap dulu dengan sarapan atau sekedar minum penyegaran sebelum menemuai personal kantor yang dituju ataupun dicari.Adalah sangat luwes hari-hari panas penat penuh kepentingan sering secara tidak sengaja terselesaikan disini.Berkat perkenalan secara tidak sengaja dengan bertanya keberadaan seseorang staf kantor di lingkungan disitu kadang tertemukan dengan mudah disini.Aneka keformalan dinas dan kerja melebur menjadi ajang info yang tanpa tertutup bisa langsung dekat dengan hanya sekedar penyebutan nama personal atau arah kedudukan nama ruang.Terlihat disitu keberadaan di luar kantor utama menyebar kehadiran tanpa bentuk perbedaan kedudukan pangkat golongan seakan menyatu menyantaikan bincang-bincang enak mengakrabkan.Apalagi saat-saat ini kegilaan batu akik telah memasuki dunia trend asesoris yang mudah ditawarkan disela-sela ngobrol di kantin meramaikan sendiri pemikat dan pecinta batu akik dikalangan pegawai dan karyawan.Mulai dari pedagang sepatu,jaket,tas,buah dan sayur sampai pewangi tubuh merubah sisi bentuk kantor seperti pasar mini yang sangat praktis untuk belanja.Demikian pula sebaliknya setelah ketemu masuk di ruang kantor urusan sukses tersetujukan ditandatangani oleh berwenang rasa-rasanya menambah kelegaan beban kerja ini disegarkan dengan seumpama ngopi atau ngeteh dulu merayakan kesuksesan pergi ke kantor besar bagi seorang atau rombogan kepentingan daerah jika itu di kantor pusat atau setingkat diatasnya.Bagi sebagian kalangan tertentu inilah peta pelanggan tetap ibarat keluarga besar kedua setelah rumah kita sendiri menghabiskan perkara-perkara jenuh yang kadang melelahkan tersegarkan di kawasan ini.Mungkin ada sedikit kelonggaran dengan merokok bagi yang terbiasa merokok akan lega dibalik pengetatan di ruang kantor yang mungkin ber-ac karena larangan merokok di dalam ruangan.
Masjid
Hampir umum menjadi budaya di Indonesia kedekatan moral sebuah kantor akan seolah sempurna dengan keberadaan rumah Alloh.Memang diakui oleh semua warga berPancasila memaklumi ini sebuah rasa solidaritas menghargai minoritas kepada Mayoritas muslim sebagai kebutuhan ibadah.Penyedia baik untuk warga kantor maupun umum,bahkan ada kantor yang menyelenggarakan Jum'atan.Mereka masih berseragam menjalankan ibadah secara rutin yang biasanya ramai ketika sholat dhuhur waktu istirahat antara jam 12.00-13.00.
Fotocopy
Tidak kalah pentingnya keperluan kantor yang berhubungan dengan berkas,alat tulis,barang habis pakai ini disediakan sebagai pelayanan sangat membantu sekali mengingat kekurangan mendadak kelengkapan surat,proposal,hal-hal yang berhubungan dengan dokumen.Pendatang kantor akan puas tidak usah pulang atau keluar kantor mencari fotocopi memburu waktu yang singkat karena urusan padat melayani banyak orang.Rental print,tinta,software ringan,flashdish sampai pulsa lengkap disediakan Koperasi kantor demi kelancaran operasional lembaga secara rutin.
Hotspot dan TV
Area ini disediakan dalam upaya global perkembangan pelayanan komunitas online sehingga kantor berfungsi melayani informasi,sosialisasi lembaga yang serba cepat.Petunjuk teknis bisa diunduh oleh pengguna dalam rangka menyelesaikan hubungan dengan kantor khususnya.Program-program pemerintah terbuka dimengerti secara umun warganya.
Kamis, 26 November 2015
depan smp 4 pati |
Situs
social Bookmark merupakan situs yang sering digunakan oleh
banyak blogger sebagai salah alat untuk mengoptimasikan blog terutama
guna meningkatkan jumlah visitor atau traffic pengunjung blog. Tujuan utama
menggunakan situs social bookmarking Indonesia atau luar negeri agar
posisi posting blog mereka berada di posisi teratas
Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati |
http://dinamikagurusd.co.id
Demi masa mewaktukan pengingatan deretan kursi depan sebuah pertemuan memaknakan kedekatan dengan kehadapan langsung pemukanya.Masih ingat dalam hajatan ke rumah lembaga sebagai bentuk aspirasi organisasi,deretan depan sepertinya bisa terlihat betapa menunjukkan jajaran penokohan peneladan.Dalam tatanan yang bernorma unggah-ungguh status sosial seseorang tanpa berasa secara aklamasi dianggap dialah lambang depan pembawa amanat utama.Kursi depan menginspirasikan sebuah domain kepantasan status terhormat yang melebihkan kompetensi bila dibanding undangan peserta yang lain.
Secara naluri alamiah sepertinya aliran mandat yang disampaikan akan terterimakan dahulu dari wilayah depan sebagai pengontrol kebijakan.Ibarat sebuah tentara prajurit perang,medan depan itu penentu bentuk pendobrak perjuangan yang harus dianut dikomandokan ke tengah lalu ke belakang dalam meraih sebuah kemenangan.Harusnya kita sadar dalam memaknai duduk di depan di sebuah kursi perwakilan amanat,gerakan,kebangkitan,kepelopran,pemartaian berdemokrasi di negeri ini.
Pilihan-pilihan terbaik untuk menduduki kursi depan gerbong kenegaraan ini hendaklah dalam skala proses yang mendidikkan dan memartabatkan.Apalah sebuah kursi yang hanya menidurkan kemauan sekelompok aspirasi perjuangan ? Makna sebuah kursi goyang bagiku adalah lambang pelemahan bagian kursi depan yang meninabobokkan keenakan dalam kekuasaan.Tanpa batasan apapun goyangan -goyangan format pengotak-atik strategi akan selalu mengendalikan dari jenis kursi depan lain di pengamatan pengawasan.
Begitulah luhurnya makna sebuah kursi yang tidak hanya disebutkan dalam suatu ayat,dalam suruhan pengingatan kekosongan kursi depan yang harus diisi rapat jika mereka berjubal di tengah dan di belakang yang menjelata di lapisan bawah.Ada kursi empuk dan pelbagai jenis kursi yang lain.Betapa berat dalam struktur batin kita bahwa menduduki kursi depan itupun meski dengan proses proposal suatu seleksi yang tidak mudah.
Hari -hari menduduki kursi depan tergaris jelas tidak hanya sekedar duduk di kursi depan untuk merapatkan kaidah rapat,mungkin bisa secara lari,berdiri bahkan diampun menyambut kecerahan cita-cita bersama dalam menilai sebuah peradaban.Mendudukkan kursi-kursi depan yang teruji kuat mengisi peradaban pembangunan yang layak banyak dikata orang sebuah kursi panas yang kalau aku pikir hakekatnya menenteramkan jika tegas dalam mengambil keputusan perbedaan.
Demikian juga di khasanah guru,hendaklah pemangku kebijakan bisa menempatkan kursi-kursi depan guru yang kuat, tangguh,profesional untuk didudukkan dalam kemartabatkan pengajar sejati.Kursi depan pendidikan Indonesia yang wibawa diduduki generasi terpilih yang tahu persis makna peran guru yang bertulis bertilas menginspirasikan kemerdekaan mengajar yang menggembirakan dalam mencerdaskan anak bangsa.
Selamat hari guru ke 70.Selamat mengajar generasi Emas Indonesia !
MK Kashiyama Merek Spare Part Mobil untuk Rem Cakram, Rem Tromol dan Kampas Rem Berkualitas Terbaik di Indonesia
EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap Di Indonesia
Untuk informasi lebih lanjut mengenai EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap Di Indonesia yang menyediakan soal Soal Ulangan Harian, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional anda dapat melihat video profile dari EduApps.
Akses sangat mudah untuk siswa Indonesia maupun luar Indonesia,EduApps menyediakan data-data soal ujian dengan standar Kurikulum Nasional dan Internasional yang terus selalu diperbaharui tanpa henti oleh staff kurikulum EduApps. Selain itu kami, EduApps, memiliki data-data bank soal yang banyak sehingga siswa dapat belajar sambil berlatih Soal-soal Ulangan Harian, Soal Ujian Sekolah, bahkan dapat berlatih soal-soal Ujian Nasional. Soal tersebut disajikan berupa True False (Benar Salah), Multiple Choice (Pilihan Ganda), maupun Short Essay (Pertanyaan Singkat) layaknya seperti Ujian yang akan dihadapi siswa.
Setiap siswa dapat mengikuti dan mendaftar di EduApps baik siswa yang di Indonesia ataupun siswa yang diluar Indonesia juga dapat mengikuti tes online yang disediakan oleh EduApps. Melalui Tes Online ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan nilai akademik di Sekolah ataupun Universitas dan meraih keberhasilan dan kelulusan yang memuaskan.
Ulasan sekilas ini walaupun sebagaian kecil dari kelebihan EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap Di Indonesia semoga tetap menjadi bagaian yang bermanfaat bagi kecerdasan siswa.
Pegawai
Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK
(P3K) merupakan pegawai ASN yang
diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina
Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan
undang-undang ASN peraturan perundang-undangan. Sesuai Rancangan Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Pegawai
Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK atau P3K adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu,
yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam
rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Selanjutnya dalam dalam R-PP manajemen PPPK
Rabu, 25 November 2015
Kepala SD Negeri Mojo 03 Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah |
http://dinamikagurusd.co.id
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Ibu dan Bapak Guru yang saya muliakan,
Semoga Ibu dan Bapak Guru berada dalam kondisi sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan-Nya.
Di Hari Guru ini, izinkan saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semua pengabdian Ibu dan Bapak Guru. Tugas dan tanggung jawab Ibu dan Bapak Guru amat besar, namun izinkan saya menyampaikan bahwa tanggung jawab besar ini janganlah dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan. Ibu dan Bapak Guru mendapat kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang tercerdaskan.Ibu dan Bapak Guru sekalian, Republik ini dirintis dan didirikan oleh kaum terdidik. Mereka adalah generasi baru di zamannya yang merasakan pengajaran, pendidikan dan pencerahan. Mereka sangat sadar atas manfaat langsung pendidikan dan karena itulah mencerdaskan kehidupan bangsa mereka tetapkan sebagai sebuah amanah yang harus ditunaikan. Sebuah pesan tegas bahwa kunci kemajuan bangsa ini ada pada kualitas manusianya.
Ibu dan Bapak Gurulah yang berada di garda terdepan mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah itu. Tiap tutur, tiap langkah dan tiap karya Ibu dan Bapak Guru adalah ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa.Orangtua, yang adalah pendidik pertama dan utama, dan pun mereka memercayakan pada Ibu dan Bapak Guru untuk turut mendidik anak-anaknya.Mari kita ingat pula, mereka bukan sekadar anak-anak, namun mereka adalah wajah masa depan bangsa ini. Ibu dan Bapak Gurulah orang pertama yang berkesempatan melihat dari dekat wajah masa depan negeri ini.
Ibu dan Bapak Guru yang saya hormati,Ki Hadjar Dewantara menyebut tempat belajar sebagai taman. Istilah itu meneguhkan tekad bahwa pendidikan memang harus menjadi sebuah proses pembelajaran menyenangkan walau penuh tantangan. Pendidikan tidak boleh terasa sebagai penderitaan. Sekolah harus terasa menyenangkan.
Sekolah menyenangkan adalah sekolah di mana semua ikut terlibat, baik guru, siswa maupun orangtua ikut mendukung pembelajaran bersama dan menjadi teladan bagi komunitasnya. Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat dan relevan dengan kehidupan siswa serta kebutuhan masyarakat. Sekolah menyenangkan bukanlah sekolah tanpa tantangan, melainkan justru sekolah yang memberikan ragam pilihan dan tingkatan tantangan kepada guru dan siswa yang juga beragam.Sekolah menyenangkan hanya bisa terjadi bila guru pun terus belajar, serta terus berkarya. Karya-karya Ibu dan Bapak Gurulah yang akan terus mengembangkan senyum anak-anak kita. Karya-karya Ibu dan Bapak Guru yang membuat lonceng masuk sekolah layaknya pertanda dimulainya sebuah petualangan menyenangkan di sekolah.Untuk mengimbangi keteguhan guru dalam berkarya, pemerintah juga berikhtiar akan terus memberikan ruang bagi guru untuk terus berkarya, untuk mengembangkan diri. Mari kita terus mengembangkan diri secara mandiri maupun secara bersama-sama.Pemerintah menyadari bahwa masih ada berbagai pekerjaan rumah terkait Guru yang harus kami tuntaskan. Insya Allah itu semua akan terus menerus kami perbaiki.
Di saat yang sama mari kita sama-sama memastikanbahwa semua ikhtiar kita benar-benar dipusatkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menumbuhkan semua potensi anak-anak kita hingga mereka bukan sekadar bisa meraih, tapi bisa melampaui cita-citanya.Dalam kesempatan peringatan Hari Guru ini saya ingin mengajak Ibu dan Bapak Guru untuk sama-sama menunjukkan pada bangsa tercinta ini bahwa guru Indonesia adalah guru pembelajar. Guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi anak didiknya. Guru yang hadir mengirimkan pesan harapan. Guru yang makin menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan.Mari kita teguhkan ikhtiar Ibu dan Bapak Guru, ikhtiar kita bersama untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Kita terus belajar dan mengembangkan diri bukanlah untuk pemerintah, bukanlah untuk kepala sekolah, dan bukanlah untuk kantor dinas, tapi memang sejatinya setiap pendidik adalah pembelajar.
Mari sama-sama kita kirimkan pesan kepada seluruh komponen bangsa ini, bahwa guru mulia karena karya! Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya.Pada setiap kata yang kami tuliskan, ada pahala guru. Pada setiap karya yang kami lakukan, ada sidik jari jasa guru.Apresiasi kami bagi seluruh Guru, Pendidik,dan Tenaga Kependidikan,atas semua inspirasi dan karya yang dipancarkan di ruang-ruang pembelajaran. Dengan rendah hati atas nama pemerintah, saya ingin kembali sampaikan rasa hormat dan terima kasih sedalamnya.
Selamat Hari Guru dan selamat berkarya!
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam hangat,
Anies Baswedan
http://dinamikagurusd.co.id di depan masjid SMA N 3 Pati |
http://dinamikagurusd.co.id
Selamat hari Guru Indonesi ke 70 pada 25 Nofember 2015.Hidup Guru..Hidup PGRI..Solidaritas..yes !
Saya angkat judul diatas sehubungan saya lihat di blog saya yang paling banyak dikomentari dan disuka.
Sejumlah pengakuan langsung dari guru yang bersangkutan srcara umum adalah nasib dan penghasilan guru yang meningkat tajam ketika tunjangan dan gaji dinaikkan oleh Presiden Gus Dur.Sejak ditetapkannya Sertifikasi Pendidik rating minat menjadi guru meningkat dibarengi kesejahteraan yang setingkat penghasilan gaji guru yang cair tiap 3 (tiga) bulan sekali menjadikan wajah kesejahteraan guru cerah sejak digelontorkan sebutan guru bersertifikat profesional tahun 2006 secara bertahap masalah kesejahteraan guru dilirik sebagai sesuatu yang istimewa dibanding pegawai lain.Secara sederhana kini mulai bersaing dengan gaji di luar negeri.Bahkan berpendapat enak menjadi guru yang dekat dengan tempat tinggalnya bisa berhermat nyaman mengurangi biaya hidup yang semakin mahal.Benar-benar menjadi guru pilihan ideal yang lumayan bergengsi bila sudah diangkat guru pegawai negeri dan bersertifikasi.
Guru sering dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, kedudukannya di sistem pendidikan cukup penting dan memiliki peran yang tinggi karena menempati posisi sentral dalam bidang pengajaran di suatu negara. Di Indonesia, guru merupakan pendidik profesional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Terkait gaji bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur bersinar lagi. Sebabnya, sejak tahun 2009 kenaikan gaji guru mencapai 100 persen karena saat itu Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru sebesar itu.
Dimisalkan pendapatan mereka pada maksimal 2,4 juta maka dengan kebijakan Pemerintah tersebut guru bakal mendapatkan gaji sebesar Rp 5,4 juta. Belum lagi tunjangan khusus bagi guru yang berada di daerah terpencil (gurdacil) yang diperkirakan sebesar Rp 5,1 juta. Jadi, perbulannya mereka bakal mendapat gaji di atas Rp 10 juta, kalau tunjangan gurdacilnya juga disetujui. Suatu peningkatan yang patut kita syukuri, terutama bagi para guru di Indonesia. Namun bagaimana kalau kita bandingkan dengan gaji guru-guru di Mancanegara? Ya tentu saja masih banyak negara yang lebih besar memberikan gaji bagi guru. Sekedar menambah pengetahuan kami sampaikan besaran gaji guru di beberapa negara yang kami olah dari berbagai sumber.
1. Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan negara yang besar dan dikenal memiliki ilmu pengetahuan serta teknologi yang tinggi sehingga wajar jika tenaga pengajar di negara ini dihargai dengan pendapatan yang tinggi di dunia. Besaran gaji dan pendapatan guru di Amerika Serikat dihitung dari seberapa lama guru tersebut mengabdi juga dilihat dari cara dan efektifitas guru dalam mengajar kepada muridnya. Semakin berprestasi dan tinggi efektifitas cara mengajar murid maka semakin tinggi pula pendapatan yang bisa didapatkan oleh guru di Amerika Serikat.
Selain masalah skill dan pengabdian daerah, kisaran biaya hidup di daerah tersebut juga memiliki pengaruh terhadap tingkat gaji yang didapatkan. Jika guru tersebut bertugas pada sekolah di kota yang memiliki kebutuhan dan biaya hidup yang tinggi maka otomatis gaji pun menyesuaikan, begitupun jika daerah tersebut memiliki biaya hidup yang rendah maka tidak akan sama dengan daerah yang biaya hidup yang tinggi. Untuk daerah kota besar seperti California guru diberi gaji 60.000 US dolar sementara didaerah lain yang memiliki biaya hidup lebih rendah seperti South Dakota digaji 35,000 US dolar pertahun.
2. Australia
Seperti halnya dengan Amerika Serikat, Australia juga merupakan sebuah negara maju yang memiliki apresiasi yang cukup tinggi terhadap tenaga pengajar mereka. Hal ini tidak terlepas dari pandangan masyarakat Australia yang memang menganggap dan memandang tinggi sebuah profesi tenaga pengajar di negara mereka. Sebagai permulaan untuk seorang guru yang masih pada level awal, mereka diberi upah sebesar 41.000 US dolar pertahun, pendapatan ini akan terus meningkat seiring dengan pertambahan pengabdian yang mereka miliki. Semakin lama kisaran mengajar seorang guru maka akan semakin besar juga upah yang akan mereka terima. Selain lamanya pengabdian, jenjang pendidikan juga berpengaruh atas besaran pendapatan yang akan diterima. semakin tinggi level pendidikan seorang pengajar maka semakin besar pula gaji yang mereka terima. Berbeda dengan tenaga pengajar di Indonesia yang banyak memiliki gelar tinggi namun kompetensi masih rendah. Padahal di Australia jenjang pendidikan yang tinggi haruslah sesuai dengan apa yang guru berikan dalam mengajar.
3. Inggris
Sebagai salah satu negara maju dan terkemuka, Inggris memberikan gaji tinggi kepada tenaga pengajar. Untuk seorang tenaga pengajar pemula maka mereka mendapatkan pendapatan yang cukup tinggi yakni sekitar 34,488.00 US dolar pertahun. Pendapatan ini akan terus bertambah seiring dengan lama pengabdian dan terutama prestasi dalam mengajar. Para tenaga pengajar di Inggris cenderung untuk terus berlomba untuk memberikan pola dan cara pengajaran yang efisien, baik di tingkat kompetensi dan profesionalitas mereka. Selain itu, pemerintah akan memberikan penghargaan khusus bagi guru yang berprestasi.
Teknik dan cara mengajar para tenaga pengajar di Inggris pun memiliki kualitas yang bagus sehingga sering menjadi rujukan ilmu pendidikan negara lain. Dengan dukungan besar dari pemerintah terhadap tenaga pengajar membuat guru berpacu untuk berprestasi mendapatkan hidup yang terjamin.
4. Kanada
Negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat ini, selain memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, ternyata Kanada juga memberikan penghargaan yang kepada tenaga pengajar mereka. Di negara ini, tenaga pengajar diberi pendapatan sekitar 30,000.00 US dolar pertahu. Selain diberi gaji tinggi, tenaga pengajar di Kanada juga diberi kebijakan yang cukup menguntungkan seperti tunjangan serta layanan tambahan, asuransi untuk gigi, cuti hamil dan cuti dini jika sudah tidak memungkinkan untuk mengajar lagi.
Tenaga pengajar di Kanada juga diwajibkan untuk membayar biaya pensiun mereka nanti dan membayar beberapa program sosial seperti masalah penganguran yang menjadi masalah bersama di negara ini.
5. Cina
Untuk lingkup Asia tampaknya Negara Cina tertinggi dalam hal menggaji gurunya. Di Cina pendapatan seorang tenaga pengajar juga cukup tinggi, tidak hanya bagi tenaga pengajar asli dari negara Cina sendiri namun juga tenaga pengajar dari negara lain yang memutuskan untuk mengajar di negara ini. Pendapatan tenaga pengajar di negara ini sebesar 17.675 US dolar pertahun. Pendapatan ini sudah mengacu kepada biaya hidup, biaya perumahan, biaya transportasi dan kesehatan di Cina. Pendapatan Cina yang besar di kalangan negara Asia, menjadikan Cina sebagai salah satu negara Asia yang memberi apresiasi besar terhadap tenaga pengajar.
Di wilayah Asia Tenggara, gaji guru Indonesia mungkin bukanlah yang tertinggi. Contohnya di negara jiran Malaysia. Pendidikan di sana merupakan aspek prioritas, maka pemerintahnya pun tak main-main dengan kesejahteraan para gurunya. Ketika berbagi dalam peluncuran Kongres Guru Indonesia 2010 di Sampoerna School of Education Building, Rabu (28/4/2010), Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia Dato' Paduka Junaidy Abu Bakar mengatakan gaji guru mula di Malaysia berjumlah 1.405 RM ditambah tunjangan rutin 340 RM. Totalnya sekitar Rp 4.941.222,33.
Total gaji ini diberikan kepada guru muda lulisan Diploma 3 yang baru mengajar. Guru muda ini berada di grade DGA 29. Di tahap akhir grade ini, gajinya bisa mencapai Rp 10.682.685,36. Jika guru juga naik golongan atau grade, gajinya pun akan naik hampir Rp 2 juta. Dalam kelompok guru lulusan D-3, ada tiga tingkatan, yaitu grade DGA 29, grade DGA 32 dan grade DGA 34. Ketika guru naik pangkat di akhir grade 34, gajinya bisa mencapai hampir Rp 12 juta. Itu baru guru lulusan D-III.
Beda lagi dengan para guru dan dosen lulusan S-1 dan S-2. Dalam lima grade, rentang gajinya dari 1.695 RM plus 550 RM atau sekitar Rp 6.343.799,17 hingga 8.860 RM plus 2.200 RM dengan total hampir Rp 39 juta.
Selain gaji pokok ini, mereka juga berhak memperoleh tunjangan-tunjangan lain, seperti tunjangan perumahan sebesar 180 RM, laptop gratis, dan pinjaman mobil. Para guru dan dosen juga memperoleh insentif khusus jika mengajar mata pelajaran seperti Bahasa Inggris atau mengajar pelajar cacat. Bagi mereka yang tinggal di kawasan pinggiran dan mengalami kesulitan transportasi juga memperoleh tunjangan antara 500 RM sampai 1.500 RM serta dana cuti belajar.
Tentu saja, para guru boleh tenang. Pasalnya, indeks taraf hidup pun hanya berkisar 750 RM-1.500 RM. Maksimal hanya terjadi di kawasan Bandar. Kesejahteraan ini pun berlaku pula bagi para guru swasta.
Sebenarnya gaji guru di Indonesia juga sudah bisa dibilang layak. Kita contohkan saja gaji guru di daerah terpencil (gurdacil) di Jabar. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyudin Zarkasyi, penghasilan yang dapat dikantongi setiap guru per bulannya dapat mencapai Rp 8 hingga Rp 9 juta. Darimana jumlah sebesar itu? Dijelaskannya bahwa kepada para guru ini Pemprov Jabar akan memberikan tunjangan Rp 1,3 juta per bulan. Selain itu ada juga tunjangan dari pusat sebesar satu kali gaji. Ditambah lagi tunjangan sertifikasi. Dengan begitu, pihaknya menjamin penghasilan guru setiap bulannya bisa mencapai Rp 8 hingga Rp 9 juta.
Semoga ulasan ini bermanfaat, majulah guru Indonesia, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin
Owner http://dinamikagurusd.co.id Kepala SD Negeri Mojo 03 Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah di depan SMA N 3 Pati |
http://dinamikagurusd.co.id
Sekolah yang punya lapangan akan berpengaruh besar terhadap rasa bermain dan berlomba bisa menarik minat anak bersekolah disitu.Saya prihatin sekolah yang saya tempati kinipun sejak berdiri tidak punya lapangan olah raga.Dalam perkembangan zaman,lahan untuk olah raga di sekolah terdesak dengan bangunan besar yang berorientasi bisnis dan keuntungan ekonomi.Dibanding SMP dan SMA di SD yang jumlahnya di Indonesia sangat banyak pengadaan lapangan olah raga jarang bertambah cenderung malah menurun bahkan hilang untuk peruntukan yang tidak berorientasi keolahragaan anak-anak.Perbandingan rata-rata SD yang punya lahan olah raga dengan yang tidak punya olah raga perbedaannya sangatlah lumayan jauh kurangnya yang tidak punya lapangan olah raga .Seperti di kecamatan Cluwak Kabupaten Pati wilayah dinas aku bertugas 1: 28 sungguh memprihatinkan sekali !bagaimana kita bisa berprestasi , selebihnya ada tapi punya desa yang agak jauh dari sekolah itu saja hanya segelintir saja.
Berbanding SD yang mempunyai lapangan tersendiri adalah kebanggaan tersendiri dalam mengembangkan kesehatan bersosial bermain yang menyenangkan dalam berolahraga apalagi dalam meraih prestasi.Sisa-sisa lulusan Sekolah Guru Olah raga yang menurut pandangan saya makin menua dan habis serta persimpangan jurusan keolahragaan di perguruan tinggi belum diangkat PNS menjadikan kwalitas olah raga di SD kurang maksimal. Dengan sebagian persamaan hak seseorang menjadi kepala sekolah baik guru kelas naupun mata pelajaran sedikit bannyak kita kehilangan seorang ahli olah-raga dalam meningkattumbuhkan prestasi olah raga bakat - bakat terpendam anak-anak ketika di SD.
Persaingan antara SD dan MI serta latar belakang budaya masyarakat penghargaan terhadap manfaat lapangan sampai kini masih rendah.Pengamatan saya pernah melihat anak-anak berbondong ke Desa lain atau Sekolah lain bergabung ikut berolah raga memakan waktu dan konsentrasi mengajar yang tidak ideal berpraktek teknik tentang menu olah raga.Dalam menghadapi O2SN kalau kita jujur dari tahun ke tahun di desa ataupun daerah tidak berdaya karena minimnya fasilitas.
Olahraga secara umum telah menjawab kemodernan dalam berfasilitas dan penanganan secara profesional.Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan seseorang dalam ikut klub untuk berprestasi anak-anak desa tanpa daya tidak bisa mencapainya.Seolah guru olah raga tidak berdaya dalam membina anak sampai ke jenjang prestasi.Sekolah hanya sebagai data dan posisi keberadaan anak berprestasi,pengakuan posisi anak berprestasi tanpa campur tangan guru olah raga langsung.Dibutuhkan tenaga lain dalam menyumbang keberadaan prestasi ini guru olah raga setempat masih rata-rata sedikit kontribusinya.Sering saya tanya bagaimana mereka mempersiapkan anak ikut lomba kayaknya hanya sekedar motivasi dan pemantapan saja secara teknik langsung peran menjurus prestasi sangat kecil.Adalah sangat kasihan depan sekolah yang diperuntukkan untuk upacara dipaving yang keterbatasan tempat dijadikan untuk olahraga cidera karena alas halaman terbuat dari semen yang tidak layak untuk olahraga.
Bahkan masih ada sejumlah sekolah yang tak memiliki halaman upacara maupun arena bermain anak didik. Walaupun demikian, semangat untuk melaksanakan upacara bendara tak akan pernah surut. Dengan kondisi sempit, semangat kebangsaan terus ditingkatkan. Apalagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan Peraturan Nomor 21/2015 tentang Budi Pekerti yang isinya mengenai wawasan kebangsaan.Sulit menerapkan Peraturan Kemendikbud tersebut. Sebab, halaman yang ada di sekolahnya tidak cukup untuk melaksanakan upacara bendera. Apalagi bila diikuti semua murid yang ada. Kalau mau upacara, hanya beberapa kelas saja yang bisa mengikutinya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Wakil
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, para guru
tak kenal lelah dalam mengabdi. Dedikasinya para guru tak kenal batas meski tak
semua bergaji besar namun semangatnya tak pernah padam.
"Masih
banyak guru, di pelosok, pinggiran, pedalaman dan pedesaan, yang mengajar hanya
Selasa, 24 November 2015
Menteri Komunikasi dan
Informatika Rudiantara mengusulkan pelajaran coding dimasukan dalam kurikulum
sekolah. Hal ini untuk mendorong anak-anak muda di Indonesia untuk belajar
coding.
"Saya telah bertemu dengan
Menteri Pendidikan, Anies Baswedan membahas masalah pelajaran coding masuk
kurikulum sekolah," kata Rudiantara usai
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Sebagaimana dirlis dalam
website BKN, guna mendukung dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas
organisasi, Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian Badan Kepegawaian
Negara (Pusbinjak BKN) menyelenggarakan Workshop Sistem Aplikasi
Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (e-DUPAK) Jabatan Fungsional Analis
Senin, 23 November 2015
Mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan membenahi sistem gaji bagi guru PNS agar menjadi lebih layak dan sejahtera. Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud (Dirjen GTK) Sumarna
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Yuddy
Chrisnandi akan segera membuat regulasi atau payung hukum untuk memfasilitasi
pemerintah daerah yang sanggup membayar pegawai honorer sebesar Upah Minimal
Regional (UMR). Hal tersebut sebagai tanggapan atas tuntutan dari guru
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Serikat buruh yang tergabung
dalam Komite Aksi Upah (KAU) memastikan tetap menggelar aksi mogok nasional yang akan berlangsung selama 4 hari,
pada 24-27 November 2015. Rencananya, aksi ini akan berlangsung secara serempak
pada 22 provinsi di Indonesia.
Presiden Konfederasi Serikat
Pekerja Indonesia (KSPI)
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Berdasarkan
Peraturan Menteri Negara
Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi Nomor
16 Tahun 2009
tentang Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya
yang dimaksudkan pengembangan
keprofesian berkelanjutan adal
ah pengembangan kompetensi
guru yang dilak sanakan sesuai
BUKTI FISIK YANG HARUS DISIAPKAN GURU UNTUK USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT GUNA KENAIKAN PANGKAT GURU
Berikut
bukti fisik yang harus
dipersiapkan guru yang akan mengajukan atau mengusulkan penetapan angka kredit untuk
kenaikan pangkat. Penjelasan di bawah
ini didasarkan sub unsur penilaian dalam penetapan angka kredit guru.
1. Sub
unsur mengikuti pendidikan formal dan
memperoleh gelar/ijazah. bukti fisik
yang dijadikan dasar
penilaian adalah fotokopi
ijazah yang di
Minggu, 22 November 2015
Diklat jenjang dasar terdiri atas 5 (lima) grade, yaitu grade 1 s.d 5, diklat jenjang lanjut terdiri atas 2 (dua) grade, yaitu grade 6 dan 7, diklat menengah terdiri atas 2 (dua) grade, yaitu grade 8 dan 9, dan diklat jenjang tinggi adalah grade 10, seperti ditunjukkan pada tabel berikut: